Makanan Khas Palembang

MARTABAK HAR



Kalau di Jakarta atau beberapa tempat lain martabak telur berisi adonan daging, lain dengan Palembang. Martabak telur betul-betul cuma berisi telur. Setelah kulit yang lebar tipis itu dicelupkan ke minyak panas, segera dituangkan kocokan telur ayam di atasnya. Kulit lantas dilipat seperti biasa lalu dibiarkan sampai cokelat.

Martabak seperti ini disajikan bersama kuah kental yang terbuat dari campuran kentang, air, dan rempah-rempah. Nah, martabak serupa ini yang cukup populer di Palembang adalah martabak Har singkatan dari Haji AbdulRosak, sang pemilik yang orang Palembang keturunan India. Letaknya di Jl. Jend. Sudirman.

Usia kedai ini sudah cukup tua karena sudah berdiri sejak tahun 1930. kedai ini selalu ramai dikunjungi dari siang hingga malam. Tak heran kalau setiap hari harus disediakan paling tidak 4 peti telur.



Pempek merupakan makanan khas Palembang yang telah terkenal seantero nusantara






Pindang ikan patin khas Palembang, rasanya pedas, asam, dan gurih






LEMPOK DUREN





Lempok duren amat terkenal di Palembang. Namun adanya hanya musim durian saja. Di toko-toko oleh-oleh lempok berbungkus kertas minyak ini selalu terlihat. Dijual per kilogram. Harganya relatif mahal karena bahan dasarnya betul-betul hanya durian dan gula.




Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Palembang dan http://www.sedap-sekejap.com/artikel/2000/edisi5/files/jalan.htm
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Makanan Khas Palembang"

Posting Komentar